PENGALAMAN TES PT. PERTAMINA (PERSERO) COLLEGE SHOPPING

Nah
Setelah saya searching di google masih sedikit orang yang share masalah pengalaman tes di Pertamina (Persero) melalui jalur college shopping. Ya karena program ini baru diperkenalkan pertamina untuk menjaring mahasiswa dalam merekrut pegawai baru.

Program college shopping ini menyasar ke beberapa universitas salah satunya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. program baru ini menjaring karyawan dari suatu universitas dengan jurusan tertentu. Ya pada waktu itu teknik elektro hanya arus kuat saja yang bisa daftar untuk jurusan lain seperti sipil, arsitektur, mesin, teknik kimia, teknik perkapalan, teknik fisika dan informatika juga dapat mendaftar.

TES ADMINISTRASI
Tes administrasi ini dilakukan awal pendaftaran melalui kesesuaian jurusan, nilai TOEFL, dan nilai IPK sesuai transkrip. Tidak terlalu sulit hanya antri saja yang lama untuk input sesuai identitas diri dan email pribadi saja beserta no. HP.

TES PSIKOLOGI
Tes pertama yang dilakukan adalah tes psikologi. Awalnya tes ini dimulai dengan undangan melalui telepon dan email yang diverifikasi melalui telepon yang dilakukan pihak Pertamina sendiri. Apa isinya tes psikologi pertamina? Sebenarnya sama seperti psikotes-psikotes lain seperti. Anonim antonim kata hubung, tes pauli, tes menghafal.

TES WAWANCARA PSIKOLOG
Tes ini dilakukan 2 jam setelah tes psikolog. Ketika dinyatakan lolos maka pengumuman antara lolos dengan tes psikologi sekitar 2 jam. Ya pada waktu itu dari ITS saja ada sekitar 200 orang yang di tes wawancara. Banyak ya. Disana intinya suruh cerita perihal kita Kerja praktik, Tugas akhir, keseharian dalam kampus.

TES WAWANCARA HRD DAN USER
Setelah lama sekali menunggu dan putus asa.. sebulan kemudian ada telepon hari Jumat (semua telepon dilakukan setiap hari Jumat {Jumat Barokah Broo}) bahwa saya lolos seleksi wawancara psikolog dan melakukan tes selanjutnya. Ya tes kali ini diadakan di MOR V Surabaya di Jagir menara Pertamina. (Tes sebelumnya di SCC ITS). Pada waktu tes pertama juga diumumkan bahwa program ini merupakan program PKWT (Intinya pekerja tidak tetap dalam waktu 6 bulan jika baik maka akan diangkat karyawan tetap pertamina). Pada awal tes juga disebutkan bahwa program college shopping di ITS merupakan program untuk direktorat pemasaran. Ya PEMASARAN. Waktu hari H juga saya baru tahu bahwa saya ada di jurusan atau istilahnya ditempatkan bagian Aviation (ya masalah bahan bakar untuk penerbangan). Pada waktu itu tes HRD dan User ditanyakan terlebih dahulu mengenai data identitas diri kemudian ngapain aja waktu kuliah ditanyakan juga tentang kepribadian. Waktu itu User minta untuk in English walaupun agak ribet ribet waktu mengatakan masalah organisasi di kampus (awam soalnya). Sebelum tes ini juga dalam email disertakan untuk tes bebas narkoba dan SKCK juga. siap-siap aja ya. Banyak dalam user aviation ini santai dan guyon pada waktu wawancara. Berusaha untuk tetap tenang dan santai menanggapi kalimat kalimat user saja lah waktu itu. Sampe pengalaman organisasi dan masalah agama yang viral saat ini diceritakan oleh user. Kemudian juga saya tanyakan (kesempatan tanya) kapan waktu untuk ke tes selanjutnya. Nah HRD bilang 2 hari lagi akan diumumkan. Waktu itu juga hanya sekitar 30 orang yang dipanggil wawancara. Apalagi itu dari ITS dan UB. Saya mikir waktu itu setiap MOR antara ITS dan UB dijjadikan satu. Wush

TES FISIK dan LABORATURIUM
2 Hari kemudian pihak pertamina telepon bahwa saya lolos untuk mengikuti tes fisik dan laboraturium di Prodia Surabaya. Tapi waktu itu sangat mepet hanya diberi waktu 5 hari saja dari jarak telepon ke tes lab nya. Apalagi ada kesalahan waktu itu, hampir semua peserta tes tidak di email mengenai proses tes seperti apa. sehingga waktu itu kita yang lolos komunikasi melalui forum di kaskus. Untungnya pihak dari prodia memberitahu bahwa saya untuk tes lab keesokan harinya. Apalagi tesnya banyak dan butuh puasa. Tes yang saya jalani di pertamina ini lebih lengkap daripada tes yang ada di PLN. Bukan membandingkan tapi kenyataannya tesnya ada periksa darah setelah dan sebelum puasa. Tes respiro (Menurutku se itu tes melihat volume paru-paru). Tes ECG (waktu itu detak jantungku tidak normal jadi pake treadmill). Tes USG (Kayak hamil hahaha tidak ini untuk melihat lambung, hati dan usus kata pemeriksanya). Tes Gigi. Tes Fisik (Semua di tes gak ada yang tidak). Tes Pendengaran. Tes Rontgen. Tes Urine dan Tes Feses. (LENGKAPPPP) apalagi sore nya diberitahu bahwa akan ada Tes Lari di lapangan Pertamina belakang Jagir Wonokromo Surabaya. Waktu itu hanya ada 7 orang yang dipanggil dalam tes fisik dan laboraturium. Sebenarnya ada 8 saya juga gak paham 1 orang kemana. Nah dari 7 orang itu hanya saya yang dari Elektro Arus Kuat dan gak ada teman. 

OFFERING LETTER
Nah ini yang ditunggu-tunggu prosesnya nunggu sampe 1 bulan lebih 6 hari lah. ya prosesnya lama sekali sampe pertamina menghubungi bahwa saya lolos sebagai pegawai PT Pertamina (persero) sebagai junior officer. Waktu itu disuruh untuk menyatakan ketersediaannya tau tidak sebagai pegawai dan akan dibalas 3 hari kerja untuk mendapatkan kertas kontrak melalui email. Ya selalu lewat telepon dan by email. Waktu inilah saya tidak bisa menerima kontrak dari pertamina walaupun sebagai cita cita awal saya masuk teknik masuk kerja ke pertamina. Ya.. ada pertimbangan yang tidak bisa saya bicarakan. Banyak pertimbangan untuk tidak memilih pertamina pada waktu itu. Ya rezeki untuk lain. Waktu itu saya menerima kabar hanya ada 44 orang sebagai junior officer PT. Pertamina (persero) bidang pemasaran. Untuk masalah offering letter mungkin kesempatan lain dalam blog ini saya share gaji dan apa saja yang dalam offering letter.

Sekian




Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya dulu gak pake ngisi administrasi. Kira kira saya dihubungi lewat telepon dan isi pembicaraan mengenai jadwal tes skitar 1 minggu stelah telepon serta pengisian di web. Tapi kira2 1 bulan setelah pendaftaran di kampus

    BalasHapus
  3. Mas, mau tanya pas pemerriksaan fisik pas medcheck ada yang cek sampe "buka2an" ga..?

    BalasHapus
  4. Pengalaman saya tes bumn. 4x tes BUMN beda, waktu tes fisik pasti buka bukaan smua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka2an maksudnya smp maaf bugil gtu mas ?

      Hapus
  5. Permisi mas, saya mau tanya. Untuk wawancara HRD dan user, yang ditanyakan itu seputar masalah pelajaran kita kuliah dulu atau bagaimana mas? Apakah pas wawancara itu menggunakan full English atau pas perkenalan diri saja yang pakai bahasa Inggris? Pas tes fisik lari, disuruh sampai berapa putaran mas?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo aku bagian aviasi,dulu hanya seputar kehidupan sehari, di kampus, metode blajar, organisasi, hobi, masalah politik. Klo bagian domestik gas katanya ada pertanyaan teknik dikit sekali

      Hapus
  6. Apakah pas wawancara itu menggunakan full English atau pas perkenalan diri saja yang pakai bahasa Inggris?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa full english. Kalo kamu paham sama pertanyaan dan apa yg diucapkan. Klo saya untuk masalah yang organisasi sm politik aku pake bhs indonesia

      Hapus
    2. Kalau wawancara psikolog pakek bahasa indonesia ya? Atau pakai bahasa inggris juga?

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Untuk tes lari berapa putaran? Diberi batas waktu? Gak kuat lari :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. 8 putaran. Gak ada batasan waktu kalo dulu. Tapi diberlakukan sistem juara 1 2 3 sampai terakhir. Nanti itu dijadikan bahan buat lulus tes kesehatan apa gak

      Hapus
  9. Ada tips gak untuk yang sering gagal di interview mas?

    BalasHapus
  10. Mas saya mau tanya. Saya kan habis tes online dan psiko 10 hari yg lalu. Tapi sampai saat ini belum dapet email balasan. Sebelumnya jarak pengumuman tes tahap 2 ke tes psiko hanya 1 mingguan. Apakah jika lolos atau tidaknya kita tetap dapat email ya? Kalo kata tetangga saya yg pernah tes sih pengumumannya sekitar 1 bulanan. Thanks..

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

** Jangan Lupa Beri Komentar **

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN TES PLN

Sistem Tenaga Listrik di Indonesia